Penggantian joint kopel ini, setelah saya rasakan suara aneh dibawah dek (seperti bunyi besi beradu saat berputar), dan getaran yg tidak normal saat kecepatan mencapai 80 kmpj keatas, dengan memastikan terlebih dahulu kondisi ban dan laher2x serta kaki2x normal. Proses pembongkaran saya lakukan di bengkel, tpi proses penggantian cross joint di bengkel bubut referensi beberapa millist, berikut gambar yang berhasil saya dokumentasikan:
Bahan:
1. Cross joint merk GMB 1 set (th 2008) sekitar 75 ribuan.
2. Biaya pasang cross joint dan centering/balancing (bengkel bubut sarinande th 2008) sekitar 250 ribuan
3. Ongkos bongkar pasang kopel sekitar 50 ribuan...sepertinya sih bisa bongkar pasang sendiri, kalo saya perhatiin cuma butuh melepas 4 baut di bagian gardan belakang, setelah baut lepas turunkan kopel bagian belakang trus ditarik ke arah belakang.
ini contoh cross joint yang saya ambil dari http://img.diytrade.com/cdimg/754948/6283476/0/1214993790/Universal_joint.jpg kurang lebih bentuknya seperti ini ada 2 pcs untuk depan dan blakang

Ini bagian depan kopel yang menyambung ke bagian transmisi mesin, panah merah adalah cross jointnya, karena punya Vantrend tidak ada spi/ring pengganjal maka diperlukan pengelasan dan proses balancing agar putarannya center

Ini adalah bagian belakang yang menyambung dengan gardan belakang (lokasi baut), bagian ini pun diperlukan pengelasan cross joint.

Mudah2xan berguna